Rabu, 21 Oktober 2015

Microsoft Dynamics

A.    Pengertian Microsoft Dynamic
Microsoft Dynamic  adalah garis perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) aplikasi perangkat lunak . Aplikasi Microsoft Dynamics yang disampaikan melalui jaringan mitra yang menjual kembali memberikan layanan khusus. Sangat sedikit instalasi yang dibuat tanpa bantuan, dan biaya, reseller ini. Pada 2013 pembaruan, yang pertama sejak 2009, Microsoft dihapus banyak kemampuan pengguna untuk mengakses fitur seperti laporan-menulis tanpa intervensi, dan biaya, anggota jaringan reseller disetujui mereka. Microsoft Dynamics merupakan bagian dari Microsoft Solusi Bisnis . Dinamika dapat digunakan dengan solusi Microsoft lainnya, seperti SharePoint, Yammer, Office 365, Azure dan Outlook. Microsoft Dynamics fokus industri yang ritel , layanan , manufaktur , jasa keuangan dan sektor publik . Microsoft Dynamics menyediakan solusi bisnis bagi usaha kecil & menengah dan Enterprise. 
Microsoft Dynamics adalah sebuah ap likasi Enterp rise Resource Planning (ERP)  dan Customer Relationship M anagement (CRM ) yang dikembangkan oleh  Microsoft untuk memberikan sebuah solusi baru dan mengurangi resiko dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan. Microsoft Dynamics mengotomatisasi dan menyederhanakan keuangan, intelegensi bisnis, dan proses rantai persediaan sehingga membantu perusahaan mendorong kesuksesan bisnis. Microsoft Dynamics diarahkan  untuk organisasi menengah serta anak perusahaan dan divisi organisasi.
Secara umum produk Microsoft Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
1.      User friendly, mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi reluktansi (keengganan) pengguna.
2.      Flexible, mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu.
3.      Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.

B.     Produk Microsoft Dynamics
Microsoft Dynamics ERP adalah keluarga produk perencanaan sumber daya perusahaan terutama diarahkan organisasi menengah serta anak perusahaan dan divisi dari organisasi yang lebih besar. Microsoft Dynamics ERP mencakup empat produk utama :
1.         Microsoft Dynamics AX (sebelumnya Axapta)
Micfosoft Axapta yang saat ini dikenal dengan nama Micfosoft Dynamics Ax adalah sebuah aplikasi bisnis yang dilengkapi banyak fungsi terpadu. Mulai dari modul manufacturing, supply chain management, financial management, sampai dengan business analysis. Sebagaimana software ERP yang lain, Axapta dapat megintegrasikan berbagai bagian dalam perusahaan dan mempercepat penerimaan informasi dari masing-masing bagian sehingga dapat membantu manager dalam pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan akan sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki multi lokasi.
Microsoft Dynamics AX terbagi kedalam berbagai kategori, yaitu :
a.       Modul Financial ( buku besar, piutang, dan kewajiban ),
b.      Modul Distributon ( pesanan pembeli , persediaan, dan kebutuhan barang baku ),
c.        Modul Project ( manajemen proyek ) .

Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Dynamics AX ini antara lain :
a.       Microsoft Dynamics AX ini menggunakan platform microsft sehingga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan produk Microsoft lainnya. Tampilan dari software inipun mirip dengan aplikasi Microsoft pada umumnya sehingga lebih familiar dang lebih mudah mengoperasikannya.
b.      Jika dibandingkan dengan yang lain, Microsoft Dynamics AX sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi. Jika dalam perusahaan sudah terbuasa menggunakan satu cara input data, maka cara itu tidak perlu mengalami perubahan yang berarti karena sifat fleksibel yang ia miliki.
c.       Bagi sebuah perusahaan dengan skala yang besar, Microsoft Dynamics AX adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu perusahaan dalam menerima informasi terbaru dari berbagai bagian dalam perusahaan dan bahkan dapat meng-update data dari kantor cabang perusahaan yang berbeda lokasi. Sebagai contoh, manager bagian persedian dari sebuah perusahaantidak perlu bertanya-tanya kepada manager bagian produksi mengenai berapa banyak bahan baku yang perlu dibeli karena informasi mengenai pesanan dan skala produksi akan ter-update setiap saat dan dapat membeikan informasi yang tepat bagi manager bagian persediaan.
d.      Microsoft Dynamics AX mampu memperluas areal bisnis di internet. Solusi yang ditawarkan dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dari yang paling dasar hingga akses langsung ke klien, mitra, pegawai, dan juga komunitas dagang. Solusi ini juga sangat membantu bagi perusahaan yang bergerak dalam areal yang sangat luas yang bahkan mencapai skala internasional kareana dapat disesuaikan dengan semua mata uang dan bahasa.
e.       Microsoft Dynamics Ax terjangkau bagi perusahaan kelas menengah kebawah.
http://phidya.files.wordpress.com/2010/04/life-sciences-feb-12th-2006.jpg?w=640

Kelemahan yang ada pada Microsoft Dynamics AX adalah :
a.       Dalam Microsoft Dynamics Ax hanya tersedia beberapa modul yang dinilai kurang lengkap dan tidak menunjang bagi beberapa bagian dalam perusahaan.
b.      Microsoft Dynamics Ax hanya cocok digunakan pada platform Windows







2.   Microsoft Dynamics GP (sebelumnya Great Plains Software)
Microsoft Dynamics GP adalah pasar menengah bisnis software akuntansi atau ERP Software paket dipasarkan di Amerika Utara dan Selatan, Inggris dan Irlandia, Timur Tengah, Singapura, Australia dan Selandia Baru. Hal ini digunakan di banyak negara lain dengan pasangan yang didukung localisations. Menggunakan baik Microsoft SQL Server 2005, 2008, atau 2012 untuk menyimpan data. Ini adalah salah satu dari empat paket akuntansi diakuisisi oleh Microsoft yang sekarang berbagi Microsoft Dynamics Solusi Bisnis merek. Dinamika GP ditulis dalam bahasa yang disebut Keluwesan .
Produk Dynamics GP pada awalnya dikembangkan oleh Great Plains Software , perusahaan independen yang berlokasi di Fargo, North Dakota , yang dijalankan oleh Doug Burgum. Dinamika Release 1.0 dirilis pada bulan Februari 1993. Ini adalah salah satu paket akuntansi pertama di Amerika Serikat yang dirancang dan ditulis untuk menjadi multi-user dan berjalan di bawah Windows sebagai perangkat lunak 32 bit. Pada akhir tahun 2000, Microsoft mengumumkan pembelian Great Plains Software seharga $ 1,1 miliar. Akuisisi ini diselesaikan pada bulan April 2001.
Microsoft Dynamics GP (sebelumnya Great Plains Software)  Perangkat lunak intelegensi bisnis (BI) untik pelaporan, penganggaran, perkiraan, dan analisis. Produk modular ini tersedia dalam dua edisi, dan komponen-komponen terpilih dapat ditambahkan kedalamnya. Dengan Microsoft Dynamics GP perusahaan  dapat:
1.      Meningkatkan kemampuan manajemen keuangan dengan fungsi-fungsi dari buku besar umum sampai dengan manajemen aliran kas
2.      Membuat keputusan bisnis yang lebih bermakna dengan cepat dengan  perkakas analisis yang fleksibel dan mudah disesuaikan



3.      Microsoft Dynamics NAV (sebelumnya Navision)
Microsoft Dynamics NAV(sebelumnya Navision)  adalah Perangkat lunak khusus industri yang membantu perusahaan menganalisis data bisnis. Produk modular ini tersedia dalam dua edisi,dan komponen-komponen terpilih dapat ditambahkan kedalamnya. Dengan Microsoft Dynamics NAV perusahaan dapat:
a.      Meningkatkan kemampuan manajemen keuangan dengan fungsi-fungsi dari buku besar umum sampai dengan manajemen aliran kas
b.      Membuat keputusan bisnis yang lebih bermakna dengan cepat dengan perkakas analisis yang fleksibel dan mudah disesuaikan
c.       Mengatasi tantangan distribusi secara r eal-time
d.      Mengelola tagih an secara efektif den gan opsi khusus perusahaan.
Sejarah Microsoft Dynamics NAV        
        Microsoft Dynamics NAV berasal dari Navision, suite aplikasi akuntansi yang diperoleh Microsoft pada tahun 2002.  Navision berasal di PC & C A / S (Personal Computing dan Consulting), sebuah perusahaan yang didirikan di Denmark pada tahun 1983. PC & C merilis paket akuntansi pertama, PCplus , pada tahun 1984 - aplikasi single-user dengan fungsi akuntansi dasar. Ada diikuti pada tahun 1987 versi pertama dari Navision, seorang klien / server aplikasi akuntansi berbasis yang memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses sistem secara bersamaan. Keberhasilan produk mendorong perusahaan untuk mengubah nama itu sendiri Navision Software A / S.
      Produk Navision dijual terutama di Skandinavia sampai 1990. Dari Navision versi 3 produk tersebut didistribusikan di negara-negara Eropa lainnya, termasuk Jerman dan Inggris. Pada tahun 1995 versi pertama dari Navision berdasarkan Microsoft Windows 95 dirilis. Pada tahun 2000, Navision Software A / S bergabung dengan sesama perusahaan Denmark Damgaard A / S (didirikan 1983) untuk membentuk NavisionDamgard A / S. Pada tahun 2001 perusahaan ini berganti nama menjadi "Navision A / S".  Pada 11 Juli 2002 Microsoft membeli Navision A / S untuk pergi dengan akuisisi sebelumnya dari Great Plains . Navision menjadi divisi baru di Microsoft, yang bernama Microsoft Business Solutions , yang juga ditangani Microsoft CRM .  Pada tahun 2003 Microsoft mengumumkan rencana untuk mengembangkan sama sekali baru ERP sistem (Proyek Green). Tapi kemudian memutuskan untuk melanjutkan pengembangan semua sistem ERP (Dynamics AX, Dynamics NAV, Dinamika GP dan Dinamika SL). Microsoft meluncurkan empat sistem ERP dengan baru antarmuka pengguna berbasis peran yang sama, SQL berbasis pelaporan dan analisis, SharePoint berbasis portal, Pocket PC berbasis klien mobile dan integrasi dengan Microsoft Office . Pada bulan September 2005 Microsoft kembali merek produk dan dirilis ulang sebagai Microsoft Dynamics NAV. Pada bulan Desember 2008 Microsoft merilis Dynamics NAV 2009, yang berisi baik asli "klasik" klien, serta baru tiga-tier GUI disebut Client RoleTailored (RTC).
         Produk itu sendiri telah mengalami beberapa perubahan nama dari waktu ke waktu. Awalnya "Navigator" digunakan di Denmark, meskipun sebagian besar pengguna Denmark tahu itu sebagai "IBM-Navigator", seperti IBM didistribusikan perangkat lunak. Secara internasional itu dijual sebagai "Navision", kecuali di Amerika Serikat, di mana ia disebut "Avista". Nama "Navision Keuangan", "Navision Solutions", "Navision Tertinggi", "solusi bisnis Microsoft - Navision Edition", dan - pada 2014 - "Microsoft Dynamics NAV" (diucapkan NAV, kecuali di Amerika Serikat di mana sebagian besar pelanggan hanya mengatakan "nav" - kependekan dari "Navision") semuanya telah digunakan untuk merujuk pada produk ini.
Microsoft Dynamics NAV memberikan fungsionalitas yang terintegrasi untuk memberikan dukungan untuk:
a.       Manajemen keuangan
  1. Manajemen rantai suplai
  2. Pabrik, Manajemen proyek & Sumber Daya
  3. Distribusi
  4. Pengelolaan hubungan pelanggan
  5. Penjualan dan pemasaran
  6. Manajemen pelayanan
  7. Manajemen Sumber Daya Manusia
Perangkat lunak Microsoft Dynamics NAV terdiri dari tiga komponen utama:
a.       The database Server, database yang menyimpan data Microsoft Dynamics NAV (seperti dari NAV 2013 hanya Microsoft SQL Server )
  1. Aplikasi Server (mulai dari NAV 2009 RTC), sebuah layanan yang mengontrol semua aspek operasi Microsoft Dynamics NAV yang
  2. The Client (s), user interface yang sebenarnya menjadi Microsoft Dynamics NAV. NAV 2013 mencakup tiga klien yaitu  Jendela klien ,SharePoint klien ,Web client
  1. Microsoft Dynamics SL (sebelumnya Solomon IV)
Sebuah solusi manajemen bisnis khusus untuk organisasi menengah berbasis proyek. Produk modular ini membantu mengotomasi dan mengintegrasi aktivitas manajemen proyek dan akuntansi lintas divisi perusahaan dan lokasi geografis. Produk ini tersedia dalam du a edisi d an komp onen-komp onen terpilih dapat ditambahkan  kedalamnya. Perangkat ini berguna untuk:
a.      Segmentasi pelanggan
b.      Perencanaan dan eksekusi kampanye
c.       analisis dan pelaporan
d.      Manajemen Informasi dan Peluang
e.       Manajemen akun dan kontak
f.       Akses cepat ke produk, harga, dan kuota

Microsoft Dynamics SL adalah salah satu Microsoft 's perencanaan sumber daya perusahaan perangkat lunak produk untuk proyek berbasis usaha kecil dan menengah . Ini adalah bagian dari Microsoft Dynamics keluarga produk.





Microsoft Dynamics SL memiliki proyek berbasis ERP dengan koneksi ke Microsoft Office Project Server , anggota dari Microsoft Office keluarga. Sistem manajemen bisnis ini menyediakan proyek-, layanan-, dan bisnis distribusi berbasis dengan manajemen proyek dan akuntansi proyek fungsi untuk membantu organisasi mengelola proyek. fungsi termasuk keuangan , akuntansi proyek , manufaktur , jasa lapangan , manajemen rantai pasokan , analisis , dan perdagangan elektronik .
Microsoft Dynamics SL mendukung penganggaran dan biaya peramalan, waktu dan biaya masuk, alokasi yang kompleks, format penagihan terbatas, kontrol agar perubahan, administrasi kontrak, analisis proyek lokal dan berbasis Web, karyawan pemanfaatan / realisasi, peringatan proaktif, dan alur kerja.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/3/3d/SL_Menu_with_BIO_CEO_scorecard.jpg/275px-SL_Menu_with_BIO_CEO_scorecard.jpg
Microsoft Dynamics SL Business Analytics
Microsoft Dynamics SL menyediakan kontraktor pemerintah dengan fungsi untuk membantu Pertahanan Badan Audit Kontrak (DCAA) persyaratan audit. Dalam industri konstruksi, Microsoft Dynamics SL menyediakan kontraktor umum dan homebuilders perumahan dengan manajemen proyek, biaya pekerjaan, manajemen material, masuk layanan panggilan, menerima, penagihan, dan kemampuan penjualan untuk memungkinkan pengelolaan situs pekerjaan yang kompleks sambil menurunkan biaya, mengurangi penundaan proyek , dan meningkatkan layanan pelanggan. Microsoft Dynamics SL menyediakan organisasi distribusi yang berfokus dengan persediaan, menerima, penagihan, dan penjualan solusi . Fungsi ini dirancang untuk membantu organisasi mengurangi biaya distribusi dan persediaan, dan merampingkan proses sementara meningkatkan layanan pelanggan.
Sejarah Microsoft Dynamics SL
Microsoft Dynamics SL, awalnya bernama Solomon IV untuk Windows, diciptakan oleh Salomo Software, yang adalah co-didirikan oleh Gary Harpst. [1] Salomo Software adalah perusahaan software akuntansi independen yang berkantor pusat di Findlay, Ohio .
Pada bulan April 1999, Solomon Software memfokuskan kembali produk pada semua Microsoft strategi teknologi: Microsoft SQL Server sebagai teknologi database, Visual Basic sebagai bahasa perangkat lunak; dan Visual Basic for Applications (VBA) sebagai bahasa kustomisasi. Salomo diakuisisi oleh Great Plains Software pada bulan Juni 2000. Great Plains kemudian diakuisisi oleh Microsoft Corporation Mei 2001.  Yang terbaru versi Microsoft Dynamics SL 9.0 (sekarang Dynamics SL 2015 [2] ), yang memperluas jangkauan informasi bisnis dengan Microsoft SQL Server intelijen bisnis teknologi untuk meningkatkan kerjasama, pelaporan, dan analisis.
5.      Microsoft Dynamics CRM
Microsoft Dynamics CRM adalah aplikasi manajemen hubungan pelanggan dari Microsoft yang menyediakan penjualan, pelayanan, dan kemampuan pemasaran. Microsoft Dynamics CRM dijual sebagai perangkat lunak pada lokal atau sebagai perangkat lunak sebagai layanan menawarkan yang disebut Microsoft Dynamics CRM Online. Aplikasi CRM multi-bahasa yang menyediakan penjualan, jasa, dan pemasaran. Microsoft Dynamics CRM membantu perusahaan menciptakan tampilan 360  derajat atas pelanggan dan berguna untuk:
a.          Segmentasi pelanggan
b.         Perencanaan dan eksekusi kampanye
c.          Analisis dan pelaporan
d.         Manajemen Informasi dan Peluan g
e.          Manajemen akun dan kontak
f.          Akses cepat ke produk, harga, dan kuota


Microsoft Dynamics juga mempunyai Management Reporter for Microsoft Dynamics ERP yaitu sebuah solusi analisis dan pembuatan laporan keuangan. Pengguna  dapat dengan mudah membuat laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas dan laporan keuangan lainnya tanpa perlu bantuan tenaga IT. Laporan dapat disimpan dalam perpustakaan laporan yang terpusat bersama dengan file pendukung eksternal. Keamanan laporan dan file dapat dikendalikan dengan menggunakan Windows , Authentication , dan  SQL Server.

C.    Industri 
Microsoft Dynamics  menawarkan solusi ERP dan CRM untuk berbagai industri.   Berikut industri-industri yang cocok untuk menggunakan Microsoft Dynamics  sebagai aplikasi pilihan solusi bisnis :
a.       Konstruksi
b.      Distribusi
c.       Pendidikan
d.      Jasa keuangan
e.       Pemerintah
f.       Kesehatan
g.      Manufaktur
h.      Perusahaan non-profit
i.        Jasa professional
j.        Pedagang eceran.

D.    Manfaat penggunaan Microsoft Dynamics
a.       Sederhana untuk digunakan dan dipelajari
b.      Memfokuskan perhatian pada perangkat lunak RoleTailored
c.       Membawa kesederhanaan dalam divisi IT

                                

                                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar